3 Cara Mengatasi Invalid IMEI atau Sinyal Hilang

Mengembalikan IMEI dengan Mudah

    Apaa ??? Android kamu invalid imei ???!! sinyal jadi tidak ada dan tidak bisa menelfon/SMS??!!
So! jangan panik sobat RifkaDroid, rifka kasih tau cara mengembalikan IMEI yang hilang! banyak orang mengeluh tentang masalah ini, jadi Rifka pikir yang terbaik untuk memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam tutorial ini rifka memposting 3 Cara Mengembalikan IMEI yang hilang atau Sinyal Tidak Terdeteksi dan Sobat akan membutuhkan tools untuk memperbaikinya yang tertera di bawah ini. imei tidak valid ini mungkin terjadi ketika imei ponsel telah dirusak pengguna cenderung terpengaruh oleh ini.


Cara Pertama Atau Pertolongan Pertama Dalam Menghadapi IMEI yang Hilang

Sebelum memulai operasi, siapkan aplikasi Chamelephone.apk , silahkan download DISINI

Peringatan!Android Sobat Harus Root untuk melakukan pengembalian Imei menggunakan Chamelephone

Sudah download aplikasinya ?

Oke lanjutkan step selanjutnya


  1. Instal Chamelopon.APK yang tadi di download pada android anda
  2. Buka Chamelopon.APK kemudian anda tulis IMEI 1 & IMEI 2 yang ada dibalik batrai atau Dusbox pada saat anda membeli android.
  3. Setelah IMEI 1 & IMEI 2 sudah anda tulis dan status silang berubah jadi centang,, silahkan anda PILIH APPLY NEW IMEIs - CHANGE IMEI
    Cara Pertama Menggunakan Chamelephone
  4. Restart android anda ,, check sinyal anda jika itu berhasil :)

Note : 



  • Ini hanya untuk android yang invalid IMEI yahhh.
  • Jika masih belum berhasil gunakan cara dibawah
Gunakan cara ini jika cara diatas masih belum berhasil mengembalikan imei android sobat

Cara yang kedua dengan cara MTK Engineering Mode, pada tahap kedua, hanya pada android tertentu yang dapat melakukan mode masuk ke engineering, rifka belum tau caranya agar semua dapat masuk kemode MTK Engineering. Simak dibawah Sobat.

Bahan :
  • Android masih nyala (Bisa hidup normal tapi IMEI tidak ada)
  • IMEI (Cek dikardus android, atau bisa lihat dan catat dibalik batre android sobat)
Tutorial :
  1. Ketik '*#*#3646633#*#*' tanpa tanda kutip atau TAP DISINI
  2. Pilih tab konektifitas
  3. Informasi CDS
  4. Radio Information
  5. Pilih phone1
  6. Muncul paling atas tulisan 'AT+'
  7. Hapus tanda (+)
  8. Pilihan silahkan sobat pilih AT+EGMR=1,7,"", ketik imei diantara tanda kutip, contoh AT+EGMR=1,7,"12345678910"
  9. Pilih menu dibawah, tunggu proses
  10. Lalu kembali
  11. Pilih phone2
  12. Muncul 'AT+'
  13. Hapus dan ketik ulang (+)
  14. Pilih AT+EGMR=1,10,"", ketik imei diantara tanda kutip seperti diphone1
  15. Jika sudah pilih kirim sesuai perintah
  16. Reboot android sobat
  17. Cek imei sudah ada atau belum
Baca : 3 Cara Memperbaiki TouchScreen Pada Android

Cara diatas masih juga belum bisa mengatasi invalid IMEI? membandel sekali android sobat rifkadroid ya, hehe tapi gak papa jangan panik berlebihan ah gak baik buat kesehatan haha
Yu cek lagi cara mengatasi invalid imei yang membandel tersebut

Bahan :
  • PC/LAPTOP/KOMPUTER WARNET hehe
  • Kabel Data
  • Driver Android sobat (Rifka gak bisa nyediain drivernya, karna kan androidnya berbeda beda dan rifka juga gak tau android apa yang dipake sobat, jadi cari sendiri sesuai device android sobat yah)
  • MTK Droid Root and Tools, bisa dicari dimari : MTKDROIDTOOLS
Tutorial tempur :
  1. Install driver sesuai android sobat
  2. Download dan extract MTKDROIDTOOLSnya
  3. Jalankan MTKDROIDTOOLSnya
  4. Oh iya sebelumnya aktifkan USB Debugging, caranya masuk pengaturan - Opsi pengembang - centang di USB DEBUGGINGnya
  5. Colok android dengan USB ke PC/LAPTOP/KOMPUTER WARNET hehe
  6. Jika sudah terdeteksi pilih IMEI/NVRAM
  7. Tulis IMEI1 dan IMEI2 dan pilih Replace IMEI
  8. Keluar notif, pilih YES
  9. Reboot and enjoy sobat rifkadroid hehe
Berikut gambar tutorialnya :

3 Cara Mengatasi Invalid IMEI atau Sinyal Hilang
MtkDroid Tools


MtkDroid Tools1

 Jika cara masih belum bisa, silahkan berkomentar agar rifka dapat membantu sobat dalam mengatasi invalid imei tersebut.

Semoga bermanfaat.
Untuk chipset QUALCOMM , baca Cara Mengatasi Invalid Imei Pada Qualcomm Device Android
Baca Juga : Tips Memperbaiki Invalid Imei & Unknown Baseband

Berlangganan via email

Suka dengan artikel di atas? Biar selalu update, yuk berlangganan biar terus update.

126 Responses to "3 Cara Mengatasi Invalid IMEI atau Sinyal Hilang"

  1. agan, keren! akhirnya evercoss-ku bangkit setelah ketemu toturial agan ttg invalid imei. padahal sdh instal MTK engineering maupun uncle tp ga bs bantu sama sekali.
    mksh

    ReplyDelete
  2. sorry gan minta ijin copas....

    ReplyDelete
  3. keren.TERIMA KASIH GAN SOLUSINYA A7T ANE SUKSES BISA DIPAKEK LAGI

    ReplyDelete
  4. sippppppppppp mantappppppppppppppppppppppp

    ReplyDelete
  5. gan kenapa xiaomi sy gak bisa gan ..?? agan bisa bantu gak invalid imei gara-gara ganti custom rom nya. thanks

    ReplyDelete
  6. manjuuurrrr bgtπŸ˜ƒπŸ˜πŸ˜“ padhl udh mau nyerah, gra" ente leny gue sembuh gan
    πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘agan emang tope
    smoga sukses sllu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah gan :) , pengguna lenovo sudah berhasil :) amin deh do'anya

      Delete
  7. I'm succes... tankyu kang Rifka... :)

    ReplyDelete
  8. Saya g berhasil LG E445 punya solusi gan?pdhl sblm dan sesudah root sudah di coba.

    ReplyDelete
  9. langsung buat nota gannnn....tengkyuuu

    ReplyDelete
  10. ijin sedot gan,,akhirnya a7t ane work kembali makasih atas solusinya..sukses terus gan

    ReplyDelete
  11. itu untuk yang sudah diroot pa lom gan ??

    ReplyDelete
  12. punya ane ga bisa jg gan..gagal trus...gmn y gan...
    tolongin ane...ga mempan smua...

    ReplyDelete
  13. gan...g bisa, katanya harus root dulu baru bisa pake aplikasinya....saya coba teruskn kemudian masukkan IMEI sesuai petunjuk lalu restar, tetep invalid IMEI

    ReplyDelete
  14. klo imeinya di belakang batre/doosbook ilang gmn ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah fatal tuh gan, Coba pakai imei dengan hp yang sama deh, tapi awas melanggar hukum

      Delete
  15. Gan ane pakek Galaxy Ace 3 . ini kok tidak muncul IMEI/NVRAM nya ? Mohon Solusinya Gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan pake custom rom atau apa? sudah coba cara diatas ? coba pake chamelophone, Syarat android sobat harus root

      Delete
  16. mas, saya jga pakek a7t, cara di atas dah saya praktekin semua, masih belum work mas, tolong mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dicek imeinya *#06# di dialpad, kalau ada berarti udah berhasil dan kalo belum ada, coba root dulu terus pake cara yang pertama.

      Delete
  17. Gan ane pake lenovo a6000 proces qualcomm msm8916. Kok egk bisa ya. Ad solusi lain lagika? Untuk versi qualcomm

    ReplyDelete
  18. Replies
    1. Coba deh cara yang ini, http://rifkadroid.blogspot.com/2016/03/mengatasi-imei-null-membandel-di-lenovo.html

      Delete
  19. Terima kasih gan..berhasil sama hp ane lenovo A 7000.salut sama agan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama gan, senang bisa membantu :)

      Delete
    2. Cara yg mna gan. Hp saya jga a7000

      Delete
  20. Bro udah berhasil imei udah balik tapi signal tetap hilang... Oh iya HPnya iPhone 6 Replika Mediatek 6572

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran udah ada? Coba cek *#06# kalo ada imeinya, harusnya bisa dipakai

      Delete
  21. kang admin bs bntu sy gk mslh tab mito cm tampil logo doank? klw bersedia, sbagai penggnti jasa paling sy cm bs ksh pulsa z....mksh sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, klo itu namanya bootlop, bisa diatasin dengan cara install ulang firmware

      Delete
  22. tolong dung hp ane signal ilang imei nul nul hp andromex new c2 gimana ya caranya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake cara *#*#3646633#*#* cara yang kedua, buat yang tanpa root, kalo andromaxnya sudah diroot coba cara yang pertama :)

      Delete
  23. kalo nexian mi531 nggak bisa gan, punya solusi lain nggak.?
    pake camelephone nggak bisa, pake MTK enginering nggak bisa juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah coba cara ketiga ? menggunakan MTKDROIDTOOLS ?

      Delete
  24. Gan pengen pake cara pertama tapi harus di root ... hp saya asus zenfone 5 tipe TOOF 4.4.2 ..cara root.a gmn om tanpa pakai pc..coba pake root zenfone ko valid terus ya ...solusi om rif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tipe T00F kayaknya belum bisa tanpa PC, soalnya caranya menggunakan ADB, kalo mau tanpa PC, coba aja diblog saya ada aplikasi kingroot, bisa dicoba :)

      Delete
  25. Mohon bantuannya gan. HP ane samsung Tab 2 GT-P3100 habis di format factory, setelah selesai kok setiap melaukan panggilan muncul "Tidak terdaftar di jaringan" dan jaringan datapun gak bisa muncul juga.
    terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan cara ini gan , masuk kepengaturan - lainnya/wireles dan network/semacamnya di tab atas paling bawah - jaringan seluler/mobile network - operator jaringan/network operator - pilih otomatis.

      Delete
    2. tetep nggak bisa gan,, kira2 kenapa ya? ada bar sinyalnya naik turun tapi tetep keluar tdk terdafta dijaringan. mohon bantuannya gan

      Delete
    3. Coba pilih manual sesuai provider yang agan pake.

      Delete
  26. Gan hh ane evas a65a dengan cara di atas jgak belom bisa.. Solusinya gan...

    ReplyDelete
  27. gan hp ane kan emang gak ada imei nya. (hp rakitan sendiri. jebolan pt samsung cikarang. jadi blom sempet pasang imei) ada yg tau gak dimana tempat pasang imei hp samsung A8. thankz gan

    ReplyDelete
  28. Gan klo bwt lg gpro 2 tanpa root bs ga

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  30. Benerin hp cross a7s hello kitty yg bootloop, setelah sukses flash pke flashtool, pas idupin hh sinyal ga ke detek dan invalid imei.. pke cara mtk engineering sama mtk droid tool imei bisa balik lg tp sinyal tetep ga ad.. ada solusi?

    ReplyDelete
  31. Benerin hp cross a7s hello kitty yg bootloop, setelah sukses flash pke flashtool, pas idupin hh sinyal ga ke detek dan invalid imei.. pke cara mtk engineering sama mtk droid tool imei bisa balik lg tp sinyal tetep ga ad.. ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lain waktu saya posting invalid imei buat cross a7snya :)

      Delete
  32. lenovo A536 ada H, tpi + nya gak ada, jadi ga bisa conect..

    mohon pencerahannya yaa gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. imei udah bener blum ? cek *#06* , kalo beda ganti pake terminal emulator ada diblog saya

      Delete
  33. saya lenovo s850 udah dicoba smua cara diatas tapi cuma bisa dengan aplikasi Chamelephone imei nya sudah ada di cek *#06# tapi sinyal nya yang belum ada.... apa ada cara lain lagi?

    ReplyDelete
  34. maaf min mau tanya kalo imei ada tapi ga ada sinyal kenapa ya? makasih sebelumnya, tolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, coba flash firmware terbaru dari android kamu, dan coba restore imeinya kembali, semoga membantu.

      Delete
  35. alhamdulillah udah seminggu kayak gini

    ReplyDelete
  36. lenovo a369i sudah coba ke tiga caranya tp tetap ga bisa kira2 knp gan.thk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek NVRAM ? coba nyalain WIFI kalo ada NVRAM:ERROR berarti minta diflash NVRAM via CWM, cek digoogle gan :D

      Delete
  37. Gan gimna ya smsung s5 ory tak bisa pakai ke 3 cra tu

    ReplyDelete
  38. Gan mau tanya , kalo untuk cara yg pertama tanpa di Root hp nya bisa ga?

    ReplyDelete
  39. gan punya saya samsung ace 3 kok ngga bisa yaa, imei/nvrm ngga muncul nnga bisa d klik tolong bantuannya dong?

    ReplyDelete
  40. boleh minta email atau pin bbm nya min?

    ReplyDelete
  41. Min, IMEI ane ada, tapi sinyal tetap X itu gmn ya ?
    Mohon bantu

    ReplyDelete
  42. min udah pake cara diatas tapi ga bisa hp ane sony z ultra....tolongin min''''....

    ReplyDelete
  43. Gan rifka itu kan cara untuk chipset mtk.kalo untuk qualcom gmn gan?k3 cra tsb tdk mempan gan.thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara baru hanya untuk berchipset mtk, postingan ini bakal diupdate tutorial buat qualcomnya :)

      Delete
  44. gan... di tab 3 SM-T211 kenapa ga work ya gan...
    semua cara dah di coba -_-"

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  46. Maaf gan, kasih solusinya dong mengatasi imei hilang di redmi 1s , habis saya flash di konter ehh malah konternya gak mau tanggung jawab,udah mahal bayarnya,prosesornya qualcomm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kunjungi halaman kontak gan, mungkin saya bisa ngebantu :)

      Delete
  47. Min tanya. tadinya Lenovo a7rebu kan ilang imeinya trus minta tolong ke tukang service.. sinyal sama imei sudah ada, tapi imei sama hhnya jadi beda sama dusnya.. cara2 diatasi bisa buat ganti imei yg udah ada atau khusus yg imeinya hilang aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga ko buat ganti imei yang sudah aja biar jadi sama seperti dikardus, pake cara ke2 untuk yang belum diroot, dan pake cara ke3 untuk menggunakan pc. :)

      Delete
  48. kalau untuk oppo mirror 3 gimana ya min? udah aku coba gak bisa :(

    ReplyDelete
  49. kalau untuk oppo mirror 3 gimana ya min? udah aku coba gak bisa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kak, oppo mirror 3 menggunakan chipset qualcomm, sementara tutorial ini baru bisa untuk chipset MTK aja

      Delete
  50. Hp ku kok gk bisa lg g 2pro bkn mtk prosesornya pkai Qualcomm gmn gan palai apa biar bisa lagi ...

    ReplyDelete
  51. Min kalo samsung ace 4 ane udah pke smua apk android...msh ga bsa ..
    Hp udah ane root pk cwm...costom rom ...so
    lusiii please

    ReplyDelete
  52. aiknya dibedakan dulu mana yang harus menggunakan chipset mediatek,snapdragon,intel,kirin,qualcom,exynoss dsb. karena chamelepon hanya support untk mediatek brader. jgn ngawur ok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sudah update untuk qualcomm gan, makasih sudah berkunjung

      Delete
  53. Kalo sinyal hilang gimana om solusi ya ,itu toturial hilang imei semua kaya -_-

    ReplyDelete
  54. Tutorial buat asus z4 donk kak... imei hilang gara2 ganti slot sim

    ReplyDelete
  55. Aplikasi chameloponnya . harus dengan root hh ya gan?

    ReplyDelete
  56. Imei gk bsa diklik. Tpi ada spesifikasi hh saya

    ReplyDelete
  57. Masih belum bisa gan pakai cara 1 ,2 dan 3
    Hh acer liquid z200

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk acer liquid z200/z205 baca disini gan, http://rifkadroid.blogspot.com/2016/06/mengatasi-invalid-imei-pada-acer.html

      Delete
  58. Semua cara udah aku lakukan tpi masih gak bisa . Hp ku asus zenfone go

    ReplyDelete
  59. Semua cara udah aku lakukan tpi masih gak bisa . Hp ku asus zenfone go

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempat balas, zenfone go gunakan cara kedua mas. Jika masih belum bisa coba diflash ulang.

      Delete
  60. Untuk himax polymer octacore bisa gk mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk himax, gunakan cara ketiga, sebelumnya lakukan root terlebih dahulu mas alem.

      Delete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  62. Saya punya lenovo a6010 chipset qualcomm imei null,
    Udh berbagai macam cara saya pakai, chamelephon, meracle, qpst, dll, semuanya sama aja, udh mentok bin pusing ni gan,,
    Terakhir pakai mtkdroidtools, conect tp IMEI/NVRAM nya ga' muncul, coba saya clik ROOT, ehh malah loading bolak balik ga' berhnti2,, tambah pusing,,
    Ada solusi ga' gan, tolong dibantu lahhh, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gini mas/mba, pengalaman saya pada chipset qualcomm memang sangat sulit, beberapa kali saya mencari cara mengembalikan imei yang hilang pada qualcomm tidak berhasil, dan yang mas gunakan seperti chamelephone, mtkdroidtools, itu hanya untuk chipset Mediatek setau saya, dan coba pake cara qpst yang saya berikan di link diatas, semoga membantu.

      Delete
    2. Hehehehe,, iya gan chamelephon & mtkdroidtools memang untuk chipset mtk, karna cara sebelumnya saya mentok semua, ya saya coba2 aja,,
      Awalnya saya gunakan Mearacle tp ga' bisa, root done, tp setelah dimasukkan imei no berhasil, IMEI ERR,,
      Gitu juga dengan QPST ga' berhasil,, apa QPST yg saya gunakan masih kurang benar ya step by stepnya???
      Lihat tutor QPST yg agan kasi kayaknya saya memang kurang faham gan,, hehehehe

      Delete
  63. Yg saya kurang faham, ketik dial *#22745927# atau *#7284#, ga'da keluar apa2 gan?
    Lalu saya terusin aja buka QPST configuration, ga' muncul/no phone,, gimana itu gan?, sebelumnya udh saya flash lenovo a6010 nya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur aja ya, untuk qualcomm memang agak sulit mas, pengalaman saya benerin imei lenovo a6000+ juga berujung matot, dan akhirnya saya jual, intinya saya belum dapat aplikasi yang mudah dipakai untuk mengembalikan imei di qualcomm, nanti kalo saya sudah dapat pasti langsung diupdate diblog ini ko, berhubung saya juga suka benerin hp android.

      Delete
    2. Ok la, terima kasih bnyk atas bantuannya gan,, salam sukses & sehat selalu,,
      Tp untuk hp merk lain chipset qualcomm biasanya saya pakai Meracle bisa, tp entah knpa dengan lenovo ini, hadduhhh,, pusing la, jln satu2nya dibalikin aja ke orgnya ni kayaknya, hahaha,,
      Sekali lg terima kasih agan Rifkha Heryadi atas bantuannya,,

      Delete
  64. Saya punya lenovo a2010-a imei tidak valid,
    Udh berbagai macam cara saya pakai, udah diroot,
    chamelephon, meracle, qpst,write imei, pake mtkdroidtools, conect tp
    IMEI/NVRAM nya ga' muncul, tapi imeinya gak muncul2,
    Ada solusi ga' gan, tolong dibantu lahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai bung komed, untuk lenovo a2010, bisa menggunakan ketiga cara itu kok, mungkin yang tidak muncul dikarenakan NVRAMnya rusak, restore nvramnya menggunakan alat flash atau push kesystem menggunakan rootex aja. semoga membantu.

      Delete
    2. Oh iya ada yang ketinggalan, flash menggunakan stock rom s243 terlebih dahulu sebelum menggunakan ketiga cara diatas untuk lenovo a2010. semoga membantu.

      Delete
  65. Kak rifkha saya pake evercoss winner t a74a, sesudah habis root sim card ngga kebaca sama imeinya hilang, bisa pake cara ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake cara kedua bisa kok, silahkan dicoba.

      Delete
    2. Gini kak, jadi pas ngetik dial *#*#blablabla, ngga muncul Apa APA, gimana dong

      Delete
    3. Kalau tidak keluar apa apa coba download aplikasi Enginerring Mode di playstore, dan lakukan hal yang sama pada tutorial kedua disini. semoga membantu.

      Delete
    4. Masih ngga bisa kak, udah download mtk enginerring mode, keluar menu android setting, mtk setting, samsung setting, yang bisa cuma android setting,

      Delete
  66. kok ga bisa diklik IMEI/NVRAM nya??
    tolong dong

    ReplyDelete
  67. Flash sudah berhasil, tapi IMEI gak muncul. Pas coba tutorial emang sukses, tapi IMEI null lagi setelah restart. Gimana ya?

    *Evercoss A65A

    ReplyDelete
  68. minta bantuan kk .....hp saya andromax ec gara sering ganti rom akhir2 ini sinyal GSM hilang jd silang setelah beberapa menit di nyalakan hpnya jd kl habisa nyala sinyal keluar. kemudian beberapa menit trus hilang ...imei saya cek normal semua, kartu juga ke detect hpnya bahkan sim toolkit juga keluar ...sudah di gonta ganti rom dari mulai custom sampe stock rom tetep saja tidak berubah adakah solusi harus gimn ....

    ReplyDelete

Back To Top